RSS

Gak Tau Darimana Memulai Bisnis

27 Jan

Posting ini merupakan riset terakhir dari PILLAR Business Accelerator tentang kenapa banyak orang yang gak mulai-mulai bisnis. Dan belenggu yang terakhir ini adalah karena GAK TAHU MAU MULAI DARI MANA.

Semangat untuk memulai bisnis sudah menggebu-gebu, tapi kalo modal semangat aja gak bakal jadi apa2 bos. Yang ada bisnis bangkrut dan jadi pusing tujuh keliling karena memulai bisnis yang kurang tepat.

Lalu yang jadi pertanyaan nih, apa obat tepat untuk penyakit belenggu yang satu ini?

Ya obatnya sederhana sekali, yaitu sebuah FORMULA yang harus kamu miliki dalam memilih dan memulai suatu bisnis.

Milih bisnis jangan sembarangan bos, jangan main asal comot aja pake feeling dan keyakiinan bahwa bisnis ini bakalan sukses. Feeling dan intuisi penting tapi harus diikuti dengan kompetensi sehingga setiap keputusan dalam memilih dan mengembangkan bisnis itu bisa dipertanggungjawabkan .

Nah disini pentingnya formula yang bisa agan pake kapanpun, dimanapun. Yang penting agan konsisten sama FORMULA ini ya….. pasti agan gak kebingungan dan bisa dengan mudah menentukan bisnis mau mulai darimana.

FORMULA nya sederhana yaitu MULAI DARI MASALAH yang ada di masyarakat. Karena pada intinya setiap masalah yang ada di masyarakat itu memiliki potensi menjadi bisnis yang bisa dikembangkan.

Masalah yang ada di masyrakat ini dalam konteks positif ya, dalam konteks ini masalah di masyarakat tidak termasuk di dalamnya narkoba dan prostitusi misalnya. Nah jika kamu bisa mengidentifikasi masalah di masyarakat, begitu kamu bisa menawarkan solusi lewat bisnis yang kamu geluti ke masyarakat tersebut maka masyarakat itu akan membeli solusi dari bisnis dari kamu.

Muncul omzet dan jadilah ini bisnis agan kamu sendiri. Contoh paling gampang adalah bagaimana bisnis air dalam kemasan. Kenapa bisa seperti itu?? jawabannya sedehana saja karena akses masyarakat ke air bersih menjadi sulit karena pencemaran tanah. Jaman kakek nenek kita dulu kalo ada yang jualan air putih pasti diketawain karena air putih bersih yang bisa diminum dengan mudahnya bisa didapat hanya dengan mantek sumur. Nah kalo sekaranng ceritanya jadi lain, akhirnya bisnis air kemasan menjadi menjamur dan harga 1 liter air putih lebih mahal daripada 1 liter bensin, padahal pengolahannya mungkin tidak sesulit bensin.

Contoh lain adalah bisnis rumah makan yang dilakukan oleh anggota forum young jogjapreneur, mas Agus Hadi Prayitno dengan D’Gejrot nya. D’Gejrot lahir karena kebutuhan masyarakat jogja di sekitar kampus yang kebanyakan mahasiswa berasal dari berbagai daerah. Melihat tersebut salah satu kebutuhan primer mahasiswa adalah makan. Maka dari itu mas Agus membuat konsep dimana ada warung yang murah, makanan nya enak dan mempunyai citra seperti restoran. Maka lahirlah D’Gejrot itu. Berawal dari situ D’Gejrot sudah mendapatkan penghargaan sebagai  WIRAUSAHA MUDA TERBAIK TAHUN 2011 yang diberikan oleh Kemenpora.  

d'gejrot

d'gejrot

Ketajaman mencium bisnis yang berawal dari masalah yang ada di masyarakat akhirnya jadi bisnis besar yang mendatangkan uang yang begitu besar. Kamu mau…..? Nah latihlah penciuman bisnis mu dengan melihat masalah2 yang ada di masyarakat. Jadi gak usah bingung mau mulai dari mana… mulailah dari masalah yang ada di masyarakat.

Good luck Ya bos dan ditunggu usaha yang muncul dari bos-bos semuanya..:)

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12723908 dengan banyak perubahan.

 
 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: